Fernando Valente Beberkan Kunci Kebangkitan Arema FC

Pemain Arema FC merayakan gol ke gawang Persikabo 1973
Sumber :
  • Media Officer Arema FC

BaliArema FC sebelumnya tidak pernah meraih kemenangan di 9 laga awal Liga 1. Singo Edan pun terjebak di zona degradasi karena raihan hasil buruk itu. 

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Pergantian pelatih dilakukan, Joko Susilo dipecat. Manajemen mendatangkan pelatih asal Portugal Fernando Valente. Sesuai ekspetasi manajemen Valente mampu mengubah situasi dengan cepat. Dua laga yang dia jalani mampu diselesaikan dengan catatan kemenangan. 

Pelatih berusia 64 tahun ini pun membeberkan kunci keberhasilan dirinya mengembalikan kepercayaan diri pemain Arema FC. Keseimbangan dalam tim menjadi salah satu faktor kunci dirinya mampu membawa Arema FC bangkit. 

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Permainan sepak bola ini tentang keseimbangan, dan tentu saja perbedaan di tangan saya adalah saya mampu menyeimbangkan tim," kata Valente. 

Mantan pelatih Estoril U-23 ini meminta para pemain harus mampu menjaga area pertahanan dari serangan lawan. Saat mereka mampu menguasai bola dia meminta pemain selama mungkin menguasai permainan. Kolektivitas inilah yang menjadi strategi Valente membawa bangkit Arema FC. 

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

"Pada saat kita tidak punya bola kita berusaha melindungi gawang. Pada saat kita menyerang semua pemain paham bagaimana menjalankan tugasnya. Dan pada saat kita bertahan pemain harus siap untuk bertahan. Karena bertahan tentang organisasi, tentang komunikasi, tentang memenangkan duel satu lawan satu," ujar Valente. 

"Saat kita memenangkan duel, pemain tidak bolehbmerasa sendirian karena ide kita adalah ide soal kolektivitas tim. Jadi saat kita bermain dengan bola sepanjang waktu kita punya peluang mencetak gol. Karena saat kita memegang bola lawan tidak bisa mencetak gol," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title