Aremania Kecewa Lagi, Usai Kapolri Sebut Tidak Ada Unsur Pembunuhan di Tragedi Kanjuruhan

Aremania demonstrasi di Bundaran Tugu
Sumber :
  • Viva Malang

MalangAremania kembali kecewa dengan pemerintah atas penanganan Tragedi Kanjuruhan. Kali ini mereka kecewa dengan pernyataan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menganggap Tragedi Kanjuruhan tidak memenuhi unsur pasal pembunuhan. 

Diajak Nonton Bokep Bareng, 2 Pelajar SD di Jombang Dicabuli Saudaranya

Salah satu Aremania yang aktif memperjuangkan Usut Tuntas yakni Helmi Saudi Umar. Dia menilai pernyataan Listyo Sigit justru menunjukan ketidak seriusan Polri dalam menangani Tragedi Kanjuruhan. Padahal peristiwa ini membuat 135 orang meninggal dunia

"Tidak dipenuhinya Tragedi Kanjuruhan sebagai kasus pembunuhan, ini semakin memperjelas ketidak seriusnya Polri dalam menangani tragedi yang menewaskan 135 nyawa suporter. Kami rasa pernyataan Kapolri hanya akan menimbulkan polemik dan opini miring dikalangan Aremania terhadap polri dalam kasus ini," kata Helmi, Senin, 3 Januari 2023.

Tumbang di Tangan Indonesia U23, Pelatih Australia U23 Akui Garuda Muda Buat Pemainnya Frustasi

Aremania menilai ada beberapa sebab yang membuat mereka meyakini adanya dugaan pidana pasal 338 dan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan dan pembunuhan berencana. Pertama banyaknya korban meninggal dunia karena kepanikan akibat tembakan gas air mata. 

Suporter yang sedang berada di tribun panik dan mencari jalan menuju pintu keluar stadion. Kepanikan inilah yang membuat mereka saling berdesak-desakan dan membuat 135 jiwa meninggal dunia dan 600 lebih terluka. 

Gasak Australia U23, Shin Tae-yong Puji Mentalitas dan Solidnya Permainan Indonesia U23

"Sederhana saja kami melihatnya, ini ada 135 korban jiwa yang meninggal. Jelas-jelas tragedi ini pecah karena terjadi kepanikan sebab tembakan gas air mata yang di arahkan ke tribun. Dari beberapa video yang beredar juga sangat meyakinkan aparat secara represif mengarahkan dan menembak secara sadar dan sengaja ke arah tribun," ujar Helmi. 

Helmi menyebut sikap pemerintah dan Polri dalam penanganan Tragedi Kanjuruhan bisa memicu rasa ketidakpercayaan publik pada polisi. Sampai saat ini saja gelombang protes dari Aremania di Kota Malang terus berlanjut. Spanduk dan poster usut tuntas ditemukan bertebaran di sudut-sudut Kota Malang. 

Halaman Selanjutnya
img_title