Aremania Anggap Bebasnya Dirut LIB dari Tahanan Lelucon Hukuman di Indonesia

Aksi demonstrasi Aremania di Kayutangan Heritage
Sumber :
  • Viva Malang / Halik Kusuma

MalangAremania geram dengan proses pengusutan Tragedi Kanjuruhan. Hal ini menyusul tersangka kasus Kanjuruhan yang juga mantan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dibebaskan dari tahanan Polda Jawa Timur. Hadian bebas setelah masa tahanannya habis dan tidak diperpanjang oleh Kepolisian.

16 Karang Taruna di Malang Sukses Bangun Potensi Desa Lewat Ramadan Heppiii

Salah satu Aremania, Ambon Fanda bahkan menyebut bahwa insiden ini adalah lelucon hukum di Indonesia. Bagaimana tidak dari 6 tersangka awal, 5 berkasnya sudah lengkap dan hanya Akhmad Hadian Lukita yang tidak lengkap dan akhirnya di bebaskan.

"Kalau kita bilang proses hukum Indonesia menang aneh-aneh gimana gitu. Nyatanya memang aneh. Logikanya kan semua berjalan beriringan, semua bisa sama, berkasnya sama (P 21 alias lengkap)," kata Ambon, Kamis, 22 Desember 2022. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

Ambon bahka menuding ada perlakuan khusus yang diberikan polisi kepada Dirut LIB. Dia menyebut ada skenario khusus yang disiapkan oleh aparat penegak hukum dalam penuntasan Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022. 

"Kalau ini ada 1 yang belum dilengkapi kan ya lucu. Kita ikuti skenario dan drama yang dilakukan penegak hukum saja. Jelas ada perlakuan berbeda, kita tahu ini kan Direktur Utama, perlakuannya sudah pasti berbeda. Kita tahu hukum di Indonesia seperti apa," ujar Ambon. 

Masyarakat Bakal Gugat Pemkot Batu Usai Adanya Sampah Terkubur di Stadion Brantas

Aremania saat ini sedang mempelajari dan menunggu jalannya proses hukum lanjutan atas tersangka Tragedi Kanjuruhan Perlu diketahui, dalam kasus ini, Polisi menetapkan enam tersangka atas Tragedi Kanjuruhan tiga tersangka warga sipil dijerat dengan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 dan/atau Pasal 103 ayat (1) juncto Pasal 52 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Mereka adalah Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, Ketua Panitia Pelaksana Arema FC Abdul Haris, Security Officer Arema FC Suko Sutrisno. 

Halaman Selanjutnya
img_title