Komnas HAM Serahkan Hasil Investigasi Tragedi Kanjuruhan ke Mahfud MD

Mahfud MD
Sumber :
  • istimewa

MalangTragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu masih dalam penyelidikan. Kabar terbaru, komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengumumkan sederet temuan atas investigasi yang dilakukan.

Ini Sosok Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB Untuk Pilwali 2024

Selain itu, hasil investigasi tersebut juga diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD

Mahfud mengatakan, dirinya telah memahami isi dan fakta-fakta dari hasil investigasi Komnas HAM. Nantinya, hasil investigasi tersebut akan disampaikan kepada pemerintah pusat untuk menentukan langkah evaluasi. 

Wakil Ketua DPRD Jombang Sebut Hj Munjidah Berpeluang Maju Kembali di Pilkada 2024

"Saya atas nama pemerintah menerima laporan hasil investigasi Komnas HAM atas tragedi sepakbola di Kanjuruhan. Ini akan disampaikan ke pemerintah dalam rangka mengambil langkah lanjutan sejauh yang diperlukan, baik jangka pendek maupun jangka panjang," ujar Mahfud kepada wartawan.

Secara garis besar, lanjut Mahfud, apa yang menjadi rekomendasi Komnas HAM dan TGIPF Tragedi Kanjuruhan hampir sama. Namun, menurut Mahfud, rekomendasi dari Komnas HAM lebih keras. 

PKL Pasar Pagi Belum Terima Kabar Rencana Perpindahan ke Pasar Induk

"Hampir sama ya, tetapi ini lebih keras biasanya kalau Komnas HAM. Pokoknya jangan hanya itu yang ditindak itu, di atasnya ada lagi itu kayak gitu," ujar Mahfud.

Saat ini, tindakan hukum dan administratif telah diberikan sebagai langkah jangka pendek atas tragedi Kanjuruhan ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title