Menteri PUPR Akan Renovasi Total Stadion Kanjuruhan

Menteri PUPR Akan Renovasi Total Stadion Kanjuruhan
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Pasca Tragedi Kanjuruhan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono mendatangi Stadion Kanjuruhan Malang, Kamis, 13 Oktober 2022.

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

Ia langsung melakukan peninjauan hasil audit Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Kamis, 13 Oktober 2022. Dia mengantongi sejumlah catatan bangunan yang harus diperbaiki demi mencukupi aspek keamanan dan kelayakan stadion. 

Basuki menyebut, ada tiga catatan yang berkaitan dengan Tragedi Kanjuruhan dari total tujuh temuan keseluruhan PUPR. Pertama tentang tangga tribun di ekonomi. Menurutnya, pantauan di tribun ekonomi tidak ada tangga khusus bagi penonton. Penonton yang masuk ke stadion langsung duduk diantara trap beton tribun stadion. 

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

"Kedua pintu Stadion Kanjuruhan terlalu kecil. Pintu itu juga terlalu dekat dengan tangga yang juga curam. Sehingga ketika ada kerumunan cukup membahayakan. Ketiga, tidak ada pintu darurat, yang ada pintu service. Ada 6 pintu untuk kendaraan ambulan atau kebakaran (damkar), tapi itu tidak bisa diakses oleh penonton di tribun," kata Basuki, Kamis, 13 Oktober 2022. 

Catatan lain terkait Stadion Kanjuruhan, adalah penerangan di tribun stadion minim dan kamar mandi yang tidak standar. Kemudian tidak ada lorong atau ruang akses dari loket masuk sebelum ke tribun. Selain itu, pagar pembatas dianggap mudah diloncati oleh penonton. 

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

"Jadi ada 3 dasar untuk mengevaluasi Stadion Kanjuruhan. Mulai Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2021, Permenpora No.7 Tahun 2021 dan regulasi FIFA Stadium Tahun 2021," ujar Basuki. 

Basuki mengungkapkan, atas perintah Presiden Kementerian PUPR akan merenovasi total Stadion Kanjuruhan, Malang. Renovasi menggunakan dana APBN. Jika stadion belum direnovasi, Stadion Kanjuruhan dilarang menggelar aktivitas olahraga apapun.

Halaman Selanjutnya
img_title