Pemkot Malang Kaget Jumlah Wisatawan Tembus 6 Juta Orang

Wisatawan asing berkunjung ke Balai Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Malang mencapai 6 juta orang baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang mengaku jumlah ini di luar ekspetasi mereka. 

"Dibulan Juli kemarin saya sampaikan sudah 5,9 juta dan sekarang sudah melebihi 6 juta wisawatan yang datang ke Kota Malang," kata Plt Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Kusumadewi, Kamis 18 Agustus 2022. 

Ida Ayu menuturkan, pelonggaran kegiatan masyarakat seiring dengan melandainya COVID-19 turut berpengaruh. Jumlah sebanyak 6 juta membuat mereka kaget. Sebab, di awal tahun 2022 lalu Disporapar Kota Malang hanya menargetkan 1,9 juta wisawatan ke Kota Malang. Tentu jumlah ini telah melampaui target. 

Saat ini beberapa kegiatan sudah rutin digelar demi mendongkrak kunjungan wisatawan. Kegiatan seni budaya, ekonomi kreatif dilakukan di sejumlah Kampung tematik. Paling ditonjolkan saat ini adalah Kayutangan Heritage. 

Adapun beberapa faktor lain yang membuat wisatawan meningkat adalah bulan Juli hingga Agustus merupakan bulan favorit wisatawan untuk berlibur. Dia yakin jumlah ini akan bertambah terutama wisatawan asing. Sebab, Oktober 2022 mendatang disejumlah negara luar negeri sedang mengalami musim libur.

"Ditambah dengan wisawatan asing pada triwulan pertama kemarin ada 105 orang dan sekarang sudah sekitar 300 an yang datang ke Kota Malang. Sehingga mereka (wisatawan) menyempatkan hadir ke negara-negara yang sudah mereka rencanakan setahun sebelumnya," tutur Ida Ayu. 

Dengan catatan ini, Disporapar Kota Malang rencananya pada 2023 mendatang akan meningkatkan target kunjungan wisatawan lokal dan luar negeri sebanyak 6,5 juta dalam setahun.