Mahasiswi UM Bantu UMKM Aktivasi Digital Marketing
- istimewa
Malang – Kekinian, perkembangan teknologi semakin tumbuh pesat. Saat ini, baik pemerintah pusat maupun daerah melakukan berbagai upaya untuk melakukan transformasi digital untuk mendongkrak perekonomian.
Utamanya, bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tak hanya pemerintah, berbagai sektor juga mendukung adanya digitalisasi.
Seperti yang dilakukan oleh mahasiswi Pascasarjana Universitas Negeri Malang jurusan Manajemen, yakni Iklila Amiroh dan Dita rahmi Rahayu.
Kedua gadis ini membantu pelaku UMKM, yakni Angkringan Jogja KMS yang ada di kawasan Tumpang, Kabupaten Malang untuk membuat pemasaran melalui platform digital.
"Pemasarannya dilakukan melalui media sosial. Salah satunya instagram. Kami membuat konten menarik untuk mempermudah promosi digital," terang Iklila.
Kemudian, mereka juga membantu pendaftaran penjualan melalui platform online.
"Kami membantu pendaftaran melalui go-food dan lainnya untuk memperluas penjualan," kata dia.
Selain itu, mereka juga membantu merapikan sistem keuangan yang ada dalam angkringan tersebut.
"Kami membantu untuk membuat template laporan keuangan dan juga membantu desain daftar menu agar lebih menarik," papar dia.
Sementara itu, Pemilik Angkringan Jogja KMS, Franky Hadi mengaku merasa terbantu dengan adanya pendampingan tersebut.
"Kami merasa terbantu, yang semula laporan keuangannya kurang rapi, ini menjadi lebih sistematis," kata dia.
"selain itu, kami juga merasa terbantu dengan aktivasi media sosial dan berjualan melalui platform online. Semoga bisa laris manis," pungkas dia.