Diam-diam, Inspektorat Audit Investigasi Dugaan Korupsi Anggaran Mamin Satpol PP Jombang

Pj Bupati Jombang, Sugiat
Sumber :
  • VIVA Malang / Elok Apriyanto (Jombang)

Jombang, VIVA – Inspektorat Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diam-diam melakukan audit investigasi atas adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam proses pengadaan barang dan jasa atau makanan dan minuman (Mamin) Satpol PP Jombang.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Berdasarkan data dan informasi yang dihimpun, Inspektur Kabupaten Jombang. Abdul Majid Nindyagung Inspektur Jombang, menugaskan tim khusus untuk melakukan audit investigasi atas adanya dugaan tindak pidana korupsi pengadaan mamin Satpol PP Jombang, tahun anggaran 2023 tersebut.

Bahkan, dalam audit APIP ini, meminta sejumlah dokumen diantaranya perubahan DPA TA 2023, laporan realisasi anggaran TA 2023, daftar pegawai tahun 2023, serta jadwal piket atau jaga malam, hingga SPJ Mamin, baik daya tahan tubuh, rapat, jamu tamu.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

Tak hanya itu, audit investigasi itu juga mengumpulkan seluruh dokumen sub kegiatan beserta dengan seluruh dokumen pendukung, termasuk kontrak kerjasama dengan penyedia.

Sementara itu, Pj Bupati Jombang, Sugiat membenarkan bila saat ini tim audit investigasi bentukan inspektorat Jombang, tengah bekerja untuk menelusuri adanya persoalan di kantor penegak perda tersebut.

Abah Anton Mengaku Tak Kapok Maju Pilwali Meski Pernah Tersandung KPK

"Saya sudah memerintahkan inspektorat untuk memeriksa. Masih dalam proses review Inspektorat. Yang jelas persoalan ini harus segera diselesaikan," kata Sugiat, Jumat, 5 April 2024.

Saat ditanya apakah ada indikasi dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan mamin aparat penegak perda itu, mantan Kabinda Sulawesi Barat ini mengaku tak mau berspekulasi terkait adanya dugaan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title