Ini Pesan Gus Ipul saat Buka Musrenbang RKPD 2025 Kota Pasuruan

Musrenbang RKPD 2025 Kota Pasuruan
Sumber :
  • VIVA Malang / Mochamad Rois (Pasuruan)

Pasuruan, VIVA Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025. RKPD digelar di Hotel Ascent Premier, Kamis, 21 Maret 2024 kemarin. 

Relawan Kris Dayanti Datangi Kandang Banteng Ambil Formulir Calon Wali Kota Batu

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengungkapkan tahun 2025 merupakan gerbang penghubung dari akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pasuruan 2005-2025 untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. 

“Saya bersama Wakil Wali Kota dan Sekda telah turut berdiskusi dengan seluruh perangkat daerah untuk merancang segala program yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari RPJMD dan RKPD dari tingkat provinsi maupun program nasional," kata Gus Ipul.

Pj Wali Kota Batu Pantau Hari Pertama Angkutan Pelajar Gratis

Dalam agenda forum tersebut, Gus Ipul memaparkan terkait arah kebijakan yang dirumuskan, sekaligus menjabarkan apa saja yang harus dioptimalkan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran pembangunan pada tahun 2025. 

Dikatakan Gus Ipul, setiap rupiah yang dikeluarkan untuk progam dan kegiatan yang telah dibuat harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat, guna menyelesaikan permasalahan kemiskinan, menekan inflasi, digitalisasi stunting, dan optimalisasi potensi investasi.

Ratusan Calon Anggota PPK Pilkada di Jombang, Mulai Jalani Tes CAT

“Reformasi birokrasi bukan sebuah tujuan melainkan menjadi alat yang harus didorong agar terus berdampak. Untuk itu, saya mengajak ASN untuk memahami pohon kinerja, dan proses bisnis termasuk diantaranya adalah bagaimana setiap rupiah yang kita keluarkan bisa berdampak pada pembangunan Kota Pasuruan dan turut mensejahterakan masyarakat,” ujar Gus Ipul. 

Dengan mengusung tema pembangunan di tahun 2025 yakni 'Memantapakan Kemandirian dan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Serta Menjaga Stabilitas Sosial', ditetapkan Prioritas Pembangunan Kota Pasuruan yang meliputi 6 (enam) poin, yaitu :

Halaman Selanjutnya
img_title