Bawaslu Kabupaten Pasuruan Antisipasi Kampanye Terselubung Bermodus 'Selametan'

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Thoifur Arif.
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVABawaslu Kabupaten Pasuruan bakal mengawasi sejumlah kegiatan yang berpotensi terselubung dengan kegiatan kampanye. Seperti selametan atau syukuran. Bawaslu menganggap kegiatan tersebut rawan dijadikan ajang kampanye terselubung selama masa tenang Pemilu.

Gunawan Center Laporkan Dugaan Pencurian Suara Pileg di Malang ke Bawaslu Jatim

"Masa kampanye sudah diberikan ruang selama dua bulan. Jadi kami mulai hari ini perketat pengawasan di semua tingkatan untuk mengantisipasi adanya kampanye terselubung," kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Pasuruan Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Thoifur Arif, Minggu, 11 Februari 2024. 

Menurut Arif, agenda kampanye terselubung sebenarnya masih bisa dicegah. Hanya saja, jajaran pengawas baik di tingkat kelurahan desa maupun kecamatan harus benar-benar pasang mata dan pasang telinga. 

Perjuangan Arema FC Kandaskan Persikabo 1973 di Tengah Kondisi Kelelahan

Sehingga bila ada agenda pertemuan peserta pemilu yang sudah direncanakan, bisa diantisipasi.

"Justru yang sulit dicegah itu kampanye di media sosial, sampai saat ini belum bisa dikontrol durasi tayangnya," ujar Arif. 

Diduga LPG Meledak, Gudang Pengeringan Maggot di Kasembon Malang Terbakar, 3 Orang Alami Luka Bakar

Meski kesulitan memantau media sosial. Arif menyebut Bawaslu memiliki pokja siber yang melibatkan Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan dan Bakesbangpol.

"Manakala memang ada temuan kami keluarkan surat teguran," tutur Arif. 

Halaman Selanjutnya
img_title