Jelang Pemilu KPU Kota Batu Bikin Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Saat para peserta mengikuti simulasi.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Tokoh masyarakat hingga para pelajar mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Kota Batu, Rabu 20 Desember 2023.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Tak hanya pemungutan, para peserta juga mengikuti penghitungan suara hingga penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Batu, Marlina menjelaskan selain masyarakat dan pelajar nampak para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga ikut dalam simulasi.

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

"Simulasi ini menjadi bagian upaya dari meminimalisir surat suara tidak sah. Tidak sahnya surat suara ini berkaca dari minimnya sosialisasi dan informasi terkait mekanisme Pemilu seperti di tahun-tahun sebelumnya," katanya

Tujuan simulasi yaitu agar masyarakat lebih mengetahui bagaimana cara mencoblos yang benar. Terlebih, sekarang ada sedikit perubahan mekanisme terutama dalam sistem penghitungan menggunakan Sirekap.

Amarah Membara Karena Terbakar Api Cemburu, Jadi Motif Pria Muharto Bacok Istri

"Sirekap adalah alat bantu penghitungan dan tabulasi suara yang tersambung langsung dengan server KPU RI. Kendala penggunaan sistem inilah yang berpotensi besar terjadi. Semua tentu menggunakan aplikasi ini, nah kami juga tidak tahu apakah ada trouble seperti apa. Tapi setidaknya, anggota KPPS ini nanti akan kita bekali bimtek semua,'' tuturnya.

Ia berharap partisipasi masyarakat dalam memilih pada Pemilu 2024 nanti meningkat. Pada Pemilu 2019, angka partisipasi masyarakat dalam memilih mencapai 87 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title