Maksimalkan Program Kegiatan yang Berdampak pada Masyarakat

Saat acara Optimalisasi Peran BPK dan DPR di Kota Batu
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Batu, VIVABadan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan juga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memiliki peran strategis dalam membangun transparansi dan akuntabilitas keuangan negara, terutama di Pemerintah Daerah.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Maka kedua lembaga ini memiliki peran kunci sehingga pelaksanaan keuangan daerah berjalan sesuai aturan administrasi dan memberikan dampak pada masyarakat. 

Melalui peran kedua lembaga ini, diharapkan Pemerintah Daerah mampu menjalankan program kegiatan yang berdampak kepada masyarakat, dan tetap memenuhi kaidah administrasi sebagai bentuk pertanggungjawaban atau akuntabilitas.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Harapan ini, menjadi keinginan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai setelah mengikuti Komunikasi Stakeholder dengan tema Optimalisasi Peran BPK dan DPR dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota Batu, Jumat, 3 November 2023.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengikuti sesi pemaparan dan forum diskusi dengan serius. Tampak sesekali ia mencatat apa yang menjadi point penting dalam paparan yang disampaikan narasumber.

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

"Kita menghadirkan para narasumber hari ini, untuk mendengar secara langsung segala sesuatu yang terkait dengan transparansi dan akuntabilitas keuangan. Kita berharap ke depan, dengan kehadiran para narasumber, program kegiatan kita di daerah lebih berdampak kepada masyarakat dan secara laporan administrasi tetap akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Karyadi menjelaskan tiga tugas penting BPK yakni sebagai pengawasan yang memeriksa keuangan dari sisi proses kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan akuntabilitas. BPK juga mempunyai fungsi menemukan permasalahan sebagai mitra konsultasi dalam merumuskan berbagai kebijakan extraordinary pada masa pandemi. 

Halaman Selanjutnya
img_title