Anak Pendiri NU Klaim Cak Imin Didukung 70 Persen Warga Nahdliyin di Jatim

Kiai Haji Hasib Wahab Hasbullah,
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Bakal Calon Wakil Presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dianggap mewakili suara warga Nahdliyin di Jawa Timur. Cak imin dianggap representasi dari warga Nahdatul Ulama Jatim. 

Momen Pilkada, Ketua PCNU Jombang Didekati para Calon yang Berkompetisi

Ada sejumlah alasan, pertama Cak Imin secara garis keturunan merupakan cucu dari Kiai Haji Bisri Syamsuri, salah satu pendiri NU. Cak Imin juga ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Kiai Haji Hasib Wahab Hasbullah, yang merupakan anak dari Kiai Haji Wahab Hasbullah yang tak lain adalah kakak dari Kiai Haji Bisri Syamsuri, kakek buyut Cak Imin menuturkan Muhaimin mewakili 70 persen suara Nahdliyin di Jatim.

Kaji Bianto : Cak Imin Pemimpin Brilian, Berhasil Bawa PKB jadi Kekuatan Politik Besar

Menurut ulama yang akrab disapa Gus Hasib itu, dari para bakalnCapres yang nanti akan mengikuti Pilpres. Hanya Anies Baswedan yang sudah jelas menggandeng warga dari Nahdatul Ulama (NU). Katanya, keputusan Anies menggandeng Cak Imin sangat tepat. Karena Cak Imin asli Nahdliyin. 

"Saya yakin Cak Imin ini, banyak yang mendukung beliau dari kalangan nahdliyin, terutama Jawa Timur. Karena dia adalah ketua umum partai, PKB, dan keturunan dari pendiri NU. Insya Allah akan banyak yang simpati," kata Gus Hasib, Kamis, 14 September 2023.

Menanti Arah Koalisi PKS di Pilkada Kota Batu 2024

Gus Hasib menegaskan, dengan kondisi seperti itu, maka bisa dipastikan ada potensi jutaan suara warga Nahdliyin di Jawa Timur yang bakal mendukung Cak Imin di pilpres 2024 nanti.

"Saya melihat, Cak Imin ini sudah pasti di tangan (dukungan nahdliyyin) itu sudah pasti 15 juta suara lah. Ya karena anggota partai PKB, belum ditambah dengan simpatisan dari para kyai-kyai, pada beliau, dan ini masih tertinggi lah, bila dibandingkan kalau ada calon lain dari NU," ujar Gus Hasib.

Halaman Selanjutnya
img_title