Peringati HAN 2023, Khofifah Ajak Semua Pihak Kurangi Angka Stunting

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ratusan anak makan telur dan minum susu bersama saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang berlangsung di Jawa Timur Park III, Sabtu 29 Juli 2023. 

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap kampanye makan telur dan minum susu bisa mengurangi angka stunting. Pasalnya asupan gizi dalam bentuk protein dibutuhkan dalam upaya menurunkan stunting. 

"Telur dan susu sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena tubuh bisa mendapat protein yang cukup sehingga bisa memenuhi asupan gizi kepada anak-anak seiring dengan upaya menurunkan sunting di Jawa Timur," katanya.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

Selain itu, orang nomor satu di Jatim ini juga mengajak semua pihak untuk berdiskusi dalam upaya menurunkan angka stunting. Sesuai data yang ada menunjukkan untuk angka prosentase jauh antara Status Survei Gizi Indonesia (SSGI) dalam koridor Kemenkes dan aplikasi e-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). 

"Kalau Jawa Timur SSGI-nya 19,2 persen, nasional 21,6 persen, tapi e-PPGBM kita 7,3 persen, ini angka stunting," tuturnya.

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

Data tersebut juga telah disampaikan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Khofifah bersama Tim Satu Data Jatim berharap adanya data rill yang sesuai. 

"Dengan Tim Satu Data Jatim saya juga menyampaikan ayolah dicari titik kompromi supaya masing-masing kepala daerah itu secara maksimal bisa memberikan intervensi sesuai dengan data rill yang ada," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title