Jokowi Minta Kepala Daerah Beri Bantuan Sembako Untuk Hadapi El Nino di Bulan Agustus

Presiden Joko Widodo di Pasar Rakyat di Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang, VIVA Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Pasar Rakyat Kota Malang di Lapangan Rampal Malang, pada Senin, 24 Juli 2023. Kehadiranya disambut meriah oleh ribuan warga yang menanti kedatangnya sedari pagi. 

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Usai menyapa masyarakat. Jokowi memerintahkan BUMN, dan seluruh gubernur, hingga bupati dan wali kota seluruh Indonesia untuk memperbanyak pasar murah di daerah sebanyak-banyaknya. 

"Jadi saya telah memerintahkan pada BUMN juga Gubernur seluruh Gubernur Bupati dan Wali Kota untuk memperbanyak pasar murah di daerah sebanyak-banyaknya," kata Jokowi. 

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Perintah kedua Jokowi pada seluruh Kepala Daerah di Indonesia adalah memperbanyak program bantuan sembako. Menurut Jokowi dua program itu adalah jurus untuk menghadapi fenomena El Nino

"Yang kedua kalau memang bisa punya anggaran bantuan sembako untuk masyarakat diperkuat, diperbanyak. Karena kita menghadapi El Nino yang tidak bisa kita hitung. Karena menyangkut iklim sehingga harus didahului dulu," ujar Jokowi. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Jokowi menuturkan bahwa pemerintah sudah mengantongi data dan peta daerah mana saja yang memerlukan bantuan sembako dan pasar rakyat. Tujuanya agar saat El Nino terjadi masyarakat tidak kaget. Jokowi menyebut El Nino diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang. 

"Kita ada data-data yang daerah mana yang memerlukan dan tidak sehingga kita berharap bisa mendahului. Agar apabila el Nino datang masyarakat tidak kaget. Karena memang panasnya bisa mengganggu kesehatan, kedua pangan juga bisa terganggu kalau betul terjadi diperkirakan terjadi di Agustus," tutur Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
img_title