Gubernur Khofifah Dorong Desa di Jatim Jadi Desa Devisa

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Percepat pertumbuhan ekonomi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong agar desa-desa bisa menjadi desa devisa

Pengelolaan Modal Miliaran Tak Jelas, PT BWR Segera Dibubarkan

Khofifah cukup optimis, pasalnya desa-desa di Jawa Timur memiliki potensi yang cukup menjanjikan dan bisa dikembangkan.

"Jatim adalah provinsi terbanyak yang memiliki desa devisa, total ada 138 desa. Untuk memaksimalkan pengembangan butuh peran semua pihak, peningkatan SDM juga harus dilakukan secara berkelanjutan," katanya, Selasa, 4 Juli 2023 malam.

KPU Kota Batu Ajak Media Lawan Berita Hoax Jelang Pilkada 2024

Salah satunya yaitu peningkatan Diklat Teknis Peningkatan Kapasitas SDM bagi Kepala Desa Angkatan I dan II Provinsi Jawa Timur. Usai membuka acara ia meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk memberikan aksesibilitas dan pendampingan sesuai kualifikasi agar desa devisa bisa tumbuh dan berkembang.

"Kualifikasi yang dimaksud yaitu produk original yang memiliki kualitas sehingga bisa dipasarkan ke luar negeri serta ada asosiasi berbentuk koperasi maupun kelompok-kelompok," tuturnya.

1.522 Warga Jombang Ikuti Tes CAT Calon Anggota PPS Pilkada 2024

Selain itu produk, pengembangan sektor wisata bagi desa yang memiliki ekosistem kewilayahan dan topografi harus dikembangkan.

"Jadi dengan adanya wisata desa tentu memiliki multiplayer effect. Sektor wisata juga bisa mendorong pergerakan UMKM, kuliner, dan sebagainya," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title