Oro-oro Ombo Masuk Nominasi 3 Besar Lomba Desa Tingkat Jatim

Ketua TP PKK Pemprov Jatim Arumi Bachsin.
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Batu, VIVA – Desa Oro-oro Ombo yang ada di Kecamatan Batu, Kota Batu masuk nominasi 3 besar tingkat Jawa Timur dalam lomba desa/kelurahan. Hal itu berkat 16 program yang mereka usung dan dijalankan. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Diketahui, 16 program yang diusung antara lain di Si Dedi pada bidang pemerintahan, BPJS untuk perangkat, BPD, LPMD, RW, dan RT, serta Si Keris daan Asmara.

Lalu bidang pembangunan ada inovasi Masyarakat Berdaya, Desa Cegah Inflasi, dan penanganan stunting. Kemudian, bidang pembinaan ada Gemar Pos Ketan, Bina Pemuda dan Perempuan Desa Berdaya.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Selanjutnya, Bidang pemberdayaan ada inovasi Prabu, Pro Jagat, Gebrak Gang Desa, Kelingan dan Simata Desa. Terakhir untuk Belanja Tak Terduga dikembangkan inovasi Gedruk Bumi.

Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai mengaku bangga atas raihan tersebut. Terlebih Desa Oro-Oro Ombo memang memiliki potensi begitu lengkap mulai daya tarik wisata, kuliner hingga agro tourism. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Ini tentunya tak lepas dari kepemimpinan dan kreativitas kepala desa dan perangkatnya, serta stakeholder terkait yang ikut andil dalam menjalankan program tersebut," katanya, Selasa 27 Juni 2023.

Apalagi inovasi-inovasi itu mampu membuat trend angka kemiskinan di Desa Oro-Oro terus menurun. Tercatat penurunan itu cukup signifikan yakni pada 2018 lalu terdapat 234 KK masuk angka kemiskinan dan tahun 2022 menjadi 78 KK. 

Halaman Selanjutnya
img_title