KPU Kota Batu Gelar FGD, Bahas Soal Metode Penghitungan Suara

FGD yang digelar oleh KPU Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama semua elemen pemangku kepentingan politik tingkat Kota Batu, di salah satu hotel, Senin 26 Juni 2023.

Tukang Parkir di Jombang Naik Haji Tahun Ini Karena Rajin Menabung

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Batu, Erfanudin mengatakan, FGD yang dilakukan untuk menjaring aspirasi dan membahas isu strategis rancangan peraturan KPU tentang pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilu 2024.

"FGD ini dilakukan oleh semua tingkatan KPU di Indonesia. Pada saat ini, KPU RI sedang merancang metode penghitungan suara," katanya.

Nama Moreno Soeprapto dan Rimzah Muncul Dalam Calon Wali Kota Malang dari Gerindra

Hal itu berangkat dari pengalaman pada Pemilu 2019 lalu yang banyak memakan waktu dan juga korban jiwa akibat kelelahan. Agar tidak terulang hal yang sama pada Pemilu 2024, KPU RI sedang merancang metode penghitungan suara yang lebih baik dari sebelumnya.

"Ada 3 isu strategis yang nanti kita bahas dalam FGD, metode penghitungan suara sudah terbagi dalam 2 panel, nantinya petugas KPPS akan dibagi menjadi 2 yakni perhitungan pada surat suara presiden dan wakil serta DPD RI, petugas lainnya berada pada surat suara DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten," ujarnya.

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

Selain itu, KPU RI juga memberikan penambahan waktu pada proses penghitungan surat suara, waktu tambahan tersebut selama 12 jam.

"Tentunya proses penghitungan cepat tidak terlepas dari penggunaan aplikasi Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) milik KPU yang pastinya nanti sangat membantu para petugas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title