Perencanaan Tidak Jelas, Yayasan Museum HAM Munir Somasi Pemkot Batu

Museum HAM Munir Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang – Yayasan Museum HAM Munir (MHM) bakal melayangkan somasi kepada Pemerintah Kota Batu. Penyebabnya yaitu tidak jelasnya perencanaan dan langkah pengembangan museum HAM Munir yang berada di Jalan Sultan Hasan Halim Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu tersebut.

Semakin Jauh Dari Zona Degradasi, Arema FC Tetap Gaspol

Padahal pada 28 November 2022 lalu, MHM sudah menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemerintah Kota Batu terkait pengelolaan Museum HAM Munir. 

Ketua Yayasan MHM, Suciwati mengatakan rencana somasi berdasarkan belum jelasnya perencanaan dan pengembangan museum yang dilakukan oleh Pemkot Batu dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Batu.

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

"Jadi, sejak tahun 2022 sampai detik ini belum ada kejelasan bagaimana pengembangannya maupun perencanaan ke depan," katanya, Senin 5 Juni 2023.

Lanjut istri pejuang HAM Munir ini, dalam kerjasama yang disepakati, yayasan MHM diharuskan menyediakan tenaga ahli, penyusunan rencana pengembangan, isi museum, penyelenggaraan pameran, pelaksanaan kegiatan, pembelajaran HAM, dan promosi wisata pendidikan HAM.

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

"Apa yang ada di dalam PKS sudah kita lakukan, tetapi sampai sekarang ini belum mendapat kejelasan tentang bagaimana langkah-langkah pengembangan museum," ujarnya.

Sejauh ini Museum HAM hanya bangunannya saja yang berdiri tapi isi dan pengembangan museum tidak berjalan. Padahal pembangunan bertujuan supaya museum tersebut bisa menjadi wisata edukasi.

Halaman Selanjutnya
img_title