Pemkot Malang Sabet Penghargaan Public Relation Indonesia Award 2023

Pemkot Malang raih penghargaan Public Relations Indonesia 2023
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

MalangPemerintah Kota Malang menerima penghargaan dalam ajang Public Relations Indonesia (PRIA) Award 2023 untuk kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 subkategori Pemerintah Kota. 

Kesedihan Pedagang Pasar Comboran Usai Lapaknya Hangus Terbakar

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto menerima langsung penghargaan The 8th PR Indonesia Award ini di Denpasar Bali, pada Jumat, 17 Maret 2023. Dia datang mewakili Wali Kota Malang Sutiaji

Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan mengatakan, untuk melengkapi beberapa kategori yang berbasis penjurian, PR Indonésia bekerja sama dengan Indonesia Indicator menghadirkan kategori Terpopuler di Media cetak dan online. 

Imbas Kebakaran Pasar Comboran, Pemkot Malang Akan Lakukan Penataan Ulang

“Metode penilaian pada kategori ini berdasarkan total dan sentimen pemberitaan (eksposur) di lebih dari 250 media cetak dan 11.000 media online selama rentang waktu 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022,” kata Asmono.

Penghargaan yang diraih ini menunjukkan atensi dan apresiasi yang diberikan oleh media terhadap berbagai isu dan perkembangan di Kota Malang yang berdasarkan penilaian menunjukkan jumlah eksposur positif tertinggi di media cetak dan online. 

Masih Rp6,8 Miliar, Dishub Kota Malang Optimis Pendapatan Parkir Tembus Rp10 Miliar di Akhir Tahun

PR Indonésia Award 2023 ini mengusung tema 'Komunikasi untuk Peradaban Negeri' di mana Bali menjadi saksi puncak perhelatan PRIA yang kedelapan. Dikatakannya, Bali memang selalu istimewa bagi salah satu kompetisi public relations (PR) terbesar di tanah air ini. Sebab, ajang ini lahir di Bali pada tahun 2016.

“Saat ini hampir tidak ada institusi yang tidak menanggap PR sebagai fungsi strategis. Public relation adalah elemen yang sangat strategis dalam sebuah organisasi. PR itu penting, di mana posisi PR harus ada di leher manajemen,” ujar Asmono.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran media di berbagai platform. Katanya, sepanjang tahun 2022, media memberikan atensi luas pada berbagai capaian yang diraih Kota Malang. Diantaranya terkait meningkatnya capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang dan geliat ekonomi kreatif yang mengiringi aktivasi Malang Creative Center (MCC).

“Terekam sebanyak 31 penghargaan tingkat nasional dan 13 penghargaan tingkat Jawa Timur diraih oleh Kota Malang. Wujud keberhasilan Kota Malang juga ditunjukkan dalam mayoritas indikator kinerja, dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang meningkat ke angka 82,71,” tutur pria yang akrab disapa Wiwid ini. 

Di sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, capaian IPM tahun 2022 tersebut merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur serta jauh diatas rata-rata nasional.

“Media juga memberikan atensi pada hadirnya Malang Creative Center (MCC). Proyek MCC secara positif diberitakan media dapat mewadahi pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnisnya serta menyerap lebih banyak tenaga kerja di Kota Malang sebagai penguatan ekonomi kreatif,” katanya.