KPU Kota Malang Klaim 171 Anggota PPS Hasil Seleksi Murni Tanpa Titipan

Pelantikan anggota PPS oleh KPU Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang melantik sebanyak 171 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Selasa, 24 Januari 2023. Pelantikan ini dipantau langsung oleh Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam

Live Streaming Yordania U23 vs Indonesia U23 di Piala Asia U23 2024

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas menyebut proses penjaringan anggota PPS dilakukan secara objektif dan transparan. Dia mengklaim, anggota PPS yang dilantik murni lolos seleksi dan tidak ada anggota titipan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau bahkan komisioner KPU.

"Proses rekrutmennya juga terbuka melalui tes komputer yaitu CAT. Setelahnya muncul nilainya berapa dan langsung terekap di sistem, sehingga tidak bisa kita mau memanipulasi atau sebagainya, jadi jejak digitalnya ada," kata Aminah. 

Marselino Ferdinan Target Menang Lawan Yordania U23: Kita Gak Punya Mental Imbang atau Kalah

Aminah merincikan di awal pembukaan seleksi anggota PPS ada 894 pendaftar. Kemudian berkurang menjadi 529 orang pendaftar yang melengkapi berkas. Berkurang lagi menjadi 456 orang aetelah dinyatakan lolos administrasi dan diverifikasi. Hingga akhirnya tes seleksi memilih 171 orang. 

"Mereka akan bertugas membentuk sekretariat, ASN yang ada di kelurahan akan membantu memfasilitasi. Tugas lainnya terkait pemutakhiran data pemilih, PPS hanya mengkoordinir saja, yang nantinya menjadi data sementara dan di publish," ujar Aminah. 

Target Kemenangan Lawan Yordania U23, Shin Tae-yong Minta Pemain Indonesia U23 Tidak Lengah

Dari 171 anggota PPS terdiri 117 laki-laki dan 54 perempuan, sehingga mereka memenuhi kuota sebanyak 30 persen keanggotaan perempuan. Tugas para anggota PPS membantu proses penghitungan suara dalam Pemilu 2024 di 2.588 TPS (Tempat Pemungutan Suara) Kota Malang.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan bahwa tanggung jawab anggota PPS begitu besar. Mereka pintu terdepan mengamankan suara rakyat. Untuk itu dia berpesan agar petugas PPS bekerja dengan penuh tanggungjawab. 

Halaman Selanjutnya
img_title