Elektabilitas Erick Thohir Teratas Di 5 Provinsi Jawa

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

MalangPoltracking Indonesia melakukan survei di wilayah 5 Jawa yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Nama Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) potensial di pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Dalam 5 wilayah di Jawa tersebut, Erick Thohir selalu berada di posisi tiga teratas dengan angka elektabilitas selalu di atas 10 persen. Angka elektabilitas tertinggi menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut berada di daerah Jateng di mana menyentuh angka hingga 25,4 persen.

“Dalam simulasi 10 nama calon wakil presiden di Jawa Tengah, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 25,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda di kutip dari VIVA.co.id pada Kamis 14 Desember 2022.

Kandidat nomor dua di Jateng adalah Ridwan Kamil dengan elektabilitas 10,4 persen. Sedangkan di Jatim, Erick Thohir bersaing dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di posisi teratas.

Erick Thohir mendapatkan elektabilitas sebesar 18,3 persen dan Khofifah di angka 18,6 persen. Kemudian di DKI Jakarta, Erick Thohir bersaing dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Keduanya terpaut selisih elektabilitas sebesar 7,2 persen, di mana AHY memiliki elektabilitas sebesar 24,7 persen dan Erick Thohir di angka 17,2 persen. Dengan angka tersebut AHY berada di urutan teratas dan Erick Thohir di urutan ke dua.

Bergeser ke Jabar, Erick Thohir berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 10,3 persen. Sedangkan posisi pertama dan kedua ditempati oleh Ridwan Kamil dan AHY dengan masing-masing elektabilitas 29,1 persen serta 14,4 persen.