LSN Sebut Prabowo Populer Di Kalangan Milenial

prabowo subianto
prabowo subianto
Sumber :
  • istimewa

Malang – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbarunya, tentang kecenderungan perilaku memilih (voting behavior) masyarakat Indonesia menghadapi Pemilu 2024.

Salah satu temuannya yakni adanya kecenderungan generasi milenial dan pemilih pemula (first time voters) lebih memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029, daripada tokoh-tokoh lainnya.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, menjelaskan survei pihaknya kali ini dilaksanakan pada 29 Oktober hingga 2 November 2022, di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Populasi dari survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP. Jumlah sampel 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling). Batas kesalahan (margin of error) sebesar 2,79 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvey). Berdasarkan temuan LSN dalam survei kali ini, kata Gema, dukungan publik terhadap para Capres 2024-2029 semakin mengerucut pada 3 tokoh saja, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

“Calon-calon lain di papan tengah dan papan bawah cenderung semakin kurang mendapatkan perhatian publik. Satu-satunya tokoh papan tengah yang mendapatkan dukungan publik adalah Ridwan Kamil, itupun lebih sebagai calon wakil presiden (cawapres) dan bukan sebagai capres,” kata Gema dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 4 November 2022. 

Diterangkan Gema, dari 3 tokoh papan atas (Prabowo, Ganjar dan Anies) juga ada kecenderungan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto semakin tidak tergoyahkan posisinya di puncak elektabilitas. Sedangkan posisi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, cenderung stagnant. 

Salah satu faktor penyebab Prabowo bisa terus bertahan di puncak survei, ungkap dia, adalah kuatnya dukungan generasi milenial terhadap Menteri Pertahanan RI tersebut. 

Berdasarkan temuan LSN, generasi milenial yang merupakan kelompok pemilih rasional, cenderung menjatuhkan pilihan pada Prabowo ketimbang pada Ganjar maupun Anies.  

“Sebanyak 33,5 persen responden yang masuk kategori generasi milenial mengaku akan memilih Prabowo jika pemilihan presiden (pilpres) dilaksanakan saat ini,” ujarnya. Sementara Anies Baswedan dipilih oleh 21,8 persen responden dan Ganjar Pranowo (18,2 persen). Sisanya (26,5 persen) menjawab tidak tahu atau memilih tokoh lain.