LSN Sebut Prabowo Populer Di Kalangan Milenial

prabowo subianto
Sumber :
  • istimewa

Malang – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbarunya, tentang kecenderungan perilaku memilih (voting behavior) masyarakat Indonesia menghadapi Pemilu 2024.

Tak Hanya Bantu Daftar Merek, Mebiso Juga Bantu Pemasaran Online Secara Gratis

Salah satu temuannya yakni adanya kecenderungan generasi milenial dan pemilih pemula (first time voters) lebih memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029, daripada tokoh-tokoh lainnya.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, menjelaskan survei pihaknya kali ini dilaksanakan pada 29 Oktober hingga 2 November 2022, di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Modal PDIP Jombang saat Cari Calon Bupati dan Wakil Bupati Untuk Pilkada 2024

Populasi dari survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP. Jumlah sampel 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling). Batas kesalahan (margin of error) sebesar 2,79 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvey). Berdasarkan temuan LSN dalam survei kali ini, kata Gema, dukungan publik terhadap para Capres 2024-2029 semakin mengerucut pada 3 tokoh saja, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Mebiso Bantu Pendaftaran Merek Gratis untuk Produk Penyintas ODGJ di Malang

“Calon-calon lain di papan tengah dan papan bawah cenderung semakin kurang mendapatkan perhatian publik. Satu-satunya tokoh papan tengah yang mendapatkan dukungan publik adalah Ridwan Kamil, itupun lebih sebagai calon wakil presiden (cawapres) dan bukan sebagai capres,” kata Gema dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 4 November 2022. 

Diterangkan Gema, dari 3 tokoh papan atas (Prabowo, Ganjar dan Anies) juga ada kecenderungan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto semakin tidak tergoyahkan posisinya di puncak elektabilitas. Sedangkan posisi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, cenderung stagnant. 

Halaman Selanjutnya
img_title