Gus Ipul Jamin Perlindungan Pekerja Migran di Pasuruan asal Tertib

Sosialisasi perlindungan pekerja migran Pasuruan
Sumber :
  • Dok. Pemkot Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf memastikan jaminan perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Pasuruan asalkan mereka tertib secara prosedural.

DPRD Berharap MCC Bisa Mandiri Tanpa Menyusu APBD

Pesan itu disampaikan Gus Ipul, sapaan akrabnya dalam Sosialisasi Perlindungan PMI (Pra dan Purna Penempatan) yang digelar Dinas Ketenagakerjaan di Gedung Gradika, Rabu 26 Juni 2024.

Sosialisasi itu diikuti para PMI dari kota madinah itu, Camat, perwakilan Kelurahan serta para penyalur pekerja migran Indonesia yang ada di Kota Pasuruan. 

Tim Musafir Arema FC Enggan Berkandang di Luar Jawa Timur

Gus Ipul menyampaikan kegiatan perlindungan pra dan purna penempatan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan perlindungan terhadap Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) atau PMI. 

''Ini dilakukan agar mencegah pemberangkatan PMI non-prosedural dan meminimalisir terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)," kata Gus Ipul.

Gus Ipul menegaskan jika pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah berkomitmen memberikan perlindungan hukum terhadap para PMI sesuai ketentuan peraturan UU bekerjasama dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

"Ini dilakukan karena masih banyak yang berangkat secara diam-diam sehingga upaya perlindungan kami jadi mengalami kesusahan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title