Gus Fahrur : Pelayanan Ibadah Haji 2024 Berjalan Baik

Rombongan Jemaah Haji Gus Fahrur di Tanah Suci
Sumber :
  • Dok Gus Fahrur

Malang, VIVA Ketua PBNU Bidang Keagamaan Kiai Haji Ahmad Fahrur Rozi menilai pelayanan ibadah haji pada tahun 2024 diklaim berjalan dengan baik. Dia memuji Kementrian Agama karena dianggap berhasil menyelesaikan tugas pelayanan ibadah haji dengan baik dalam melayani para jemaah. 

39 Anggota Dewan Terpilih Sudah Tes Kejiwaan ke RSUD Jombang, Sisanya Belum

"Alhamdulillah, pelaksanaan haji tahun ini sudah lebih baik dan sangat memuaskan, tidak ada lagi kejadian Muzdalifah seperti tahun lalu. Semua sudah diantisipasi dengan baik, saya melihat Pak Menteri Agama RI sebagai Amirul Hajj betul betul bekerja secara maksimal. Dibantu tim petugasnya di lapangan yang sangat responsif dan berdedikasi tinggi," kata pria yang akrab disapa Gus Fahrur itu pada, Rabu, 19 Juni 2024. 

Gus Fahrur menyebut, selama di Makkah sebagai bagian dari Amirul Hajj misi haji pemerintah negara Republik Indonesia bertugas memastikan para jemaah dapat melakukan ibadah haji dengan baik sesuai syariat Islam. 

Usai Jalani Rukun Haji, Dua Jemaah Asal Jombang Meninggal Dunia di Tanah Suci

"Dan memastikan pelayanan haji secara optimal baik dari teknis penyelenggaraan ibadah haji urusan transportasi, akomodasi, katering, dan hal teknis lainnya," ujar Gus Fahrur.

Gus Fahrur bercerita sejak 8 Juni dia berada di Makkah. Dia meninjau langsung pemondokan jamaah haji, tenda wukuf di Arafah, hingga fasilitas di Muzdalifah dan Mina. 

Koper CJH Jombang Mulai Dikumpulkan, Jemaah Dilarang Bawa Sajam

"Saya juga melihat layanan tim kesehatan haji di berbagai sektor. Semua cukup baik," tutur Gus Fahrur. 

Gus Fahrur menerangkan, dirinya secara kebetulan menginap satu lokasi dengan Menteri Agama dan Wamenag. Dia mengaku melihat sendiri bagaimana sampai larut malam Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak tidur karena melakukan kordinasi dengan petugas di lapangan demi memastikan pelayanan berjalan baik, terutama di Arafah, Muzdalifah dan Mina. 

Halaman Selanjutnya
img_title