Pertamina Klaim Pemakaian Gasoline Bensin Naik 17 Persen di Malang Raya

SPBU di Malang.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – BBM jenis gasoline (bensin) diprediksi mengalami kenaikan konsumsi sebesar 11,8 persen saat arus mudik dan balik Ramadan 1445 Hijriah. Kenaikan itu dihitung dari rerata normal harian 18.225 kilo liter perhari pada Januari 2024.

Gus Ipul Gelar Salat Tarawih Bersama Khofifah di Malam Nuzulul Quran

Hal itu disampaikan oleh Deny Sukendar, Pejabat Sementara Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Selasa, 2 April 2024.

"Tapi meski ada kenaikan dari gasoline bensin, untuk gasoil diesel justru malah turun sebesar minus 14,8 persen dari retata normal harian 8.087 kilo liter perhari. Nah untuk wilayah Malang Raya, gasoline diperkirakan naik 15 sampai 17 persen dari normal harian sebelum Ramadan, yang mencapai 482 kilo liter per hari. Sedang gasoil turun minus 4 persen dari konsumsi normal harian 83 kilo liter per hari," katanya.

Pemkot Pasuruan Salurkan Zakat Mal Melalui Baznas 

Selain itu, untuk konsumsi LPG, juga diprediksikan ada peningkatan sebesar 5,3 persen dari konsumsi normal harian 5.920 Metrik Ton per hari. Terdiri dari LPG 3 kg naik sebesar 5 persen dari konsumsi normal 5.745 Metrik Ton per hari dan LPG Non Subsidi, naik 12,6 persen dari konsumsi normal harian 175 Metrik Ton per hari.

"Lalu di wilayah Malang Raya, LPG naik 7 sampai 8 persen dari normal harian LPG 3 kilogram 115 Metrik Ton per hari dan LPG Bright Gas 8 Metrik Ton per hari," ujarnya.

42 Kg Ganja Terungkap Usai MAS Dibuntuti Sepanjang Sumatera Hingga Jawa

Dari perhitungan tersebut, lanjut Deny, Pertamina melakukan penebalan stock sampai dengan 5 sampai 15 persen untuk BBM dan LPG di storage, yang tersebar diseluruh Jatimbalinus. 

"Mulai dari tempat penyimpanan hingga lembaga penyalur, yang melayani konsumen, dengan tetap selektif memperhatikan peningkatan konsumsi harian," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title