Taman Krida Budaya Jatim Bakal Dibangun Jadi Hotel Berbintang dan Sentra Kuliner

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastiawan
Sumber :
  • VIVA Malang / Uki Rama

Malang, VIVA – Bangunan Taman Krida Budaya Jawa Timur yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang bakal dibangun menjadi hotel berbintang sekaligus menjadi sentra kuliner. Gedung ini aset Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Arif Tri Sastiawan mengatakan, jika rencana itu terealisasi efek ekonominya akan dirasakan oleh Kota Malang. Saat ini Pemprov Jatim sedang dalam tahap penjajakan dengan investor dari Jakarta

Arif berharap bertambahnya hotel bintang 4 hingga bintang 5 akan berpengaruh pada perolehan pajak hingga penyerapan tenaga kerja untuk warga Kota Malang dan sekitarnya. Untuk itu, Disnaker-PMPTSP Kota Malang berharap rencana itu terwujud. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Mudah-mudahan deal agar bertambah lagi hotel bintang 4 atau 5 di Kota Malang. TKBJ (Taman Krida Budaya Jatim) mau dibangun hotel, itu aset provinsi. Kerjasama dengan provinsi kita hanya memfasilitasi perizinannya. Taman Krida kan asetnya provinsi, kemarin kita sudah koordinasi dan itu diperbolehkan," kata Arif, Kamis, 28 Maret 2024.

Arif menuturkan, bahwa seluruh proses penjajakan ada di ranah Pemprov Jatim. Pemkot Malang sebagai daerah berdirinya aset hanya sebatas membantu segi perizinan. Tujuannya agar investasi bernilai ratusan miliar ini terwujud di Kota Malang. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Sewa kan belum tentu deal, dari pihak provinsi menawarkan dan ada investor tertarik. Mekanisme seperti apa kami tidak tahu, karena itu ranah pihak investor dengan provinsi. Kami hanya membantu dari segi perizinannya. Mulai dari izin, KPL, nilai investasi berapa sampai izin IMB-nya," ujar Arif. 

Arif menuturkan, bahwa Kota Malang sangat diuntungkan jika rencana pembangunan hotel ini terwujud. Soal nilai investasi memang belum ada informasi pasti. Namun, kasak-kusuknya ditargetkan dibangun akhir tahun 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title