Pekan Panutan Pajak, Mas Adi Tekankan Pentingnya Kesadaran Membayar Pajak 

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo menyerahkan hadiah.
Sumber :
  • VIVA Malang / Mochamad Rois (Pasuruan)

Pasuruan, VIVAPemerintah Kota Pasuruan (Pemkot) melalui Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan (Bapenda) menggelar Pekan Panutan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) bertempat di Gedung Gradika, Rabu, 27 Maret 2024. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo atau Mas Adi dalam sambutannya mengatakan bahwa keberhasilan pemungutan PBB-P2 tidak hanya tertumpu pada azas hukum serta kuantitas atau kualitas pemungut yang memadai, namun juga bergantung pada tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. 

“Tanpa kesadaran bersama tentang pentingnya membayar pajak maka realisasi penerimaan pajak tidak dapat tercapai. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk taat membayar pajak. Kesadaran membayar pajak ini harus dibangun,” ujar Mas Adi. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Terlebih saat ini, Pemkot Pasuruan telah berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembayaran pajak PBB-P2 secara online melalui e-commerce (indomaret, alfamart, shopee dan dana) dan kanal pembayaran digital antara lain M-banking, virtual account, QRIS, dan mobil keliling Bapenda. 

“Dengan kemajuan teknologi dan inovasi yang ada, pembayaran pajak PBB sudah semakin mudah secara online. Layanan jaringan internet pun sudah masuk ke tiap RW di Kota Pasuruan, ini diharapkan menjadi daya dukung bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan dalam membayar pajaknya,” katanya. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Untuk itu, Mas Adi mengajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan kewajiban membayar pajak sesegera mungkin. Mengingat, pajak menjadi salah satu sumber PAD yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan berbagai sektor lainnya yang bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran Kota Pasuruan. 

“Saya minta kepada Bapenda, Camat dan Lurah untuk selalu melakukan pemantauan terhadap petugas pemungut PBB-P2. Lakukan koordinasi dan libatkan ketua RT dalam penyampaian SPPT PBB-P2 kepada wajib pajak,” ujar Mas Adi. 

Halaman Selanjutnya
img_title