Jelang Ramadan, PBNU Keluarkan Sejumlah Instruksi untuk Seluruh Masyarakat

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.
Sumber :
  • Dok. PBNU

Malang, VIVA – Menjelang bulan Ramadan 1445 H/2024 M, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan sejumlah instruksi. Instruksi ini untuk seluruh masyarakat, pengurus NU, dan warga Nahdliyin.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Instruksi pertama, PBNU meminta masyarakat menjadikan ramadan sebagai momentum berkonsolidasi secara menyeluruh, dari tingkat pengurus hingga tingkat desa, serta melibatkan semua jaringan Nahdlatul Ulama, termasuk badan-badan otonom dan lembaga pendidikan di lingkungan NU.

"Ini adalah kesempatan untuk bersama-sama menggerakkan memobilisasi satu gerakan mengambil barakah dari Ramadhan ini sebesar-besarnya," ujar Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dalam keterangan pers di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2024).

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Selain itu, Gus Yahya juga menekankan pentingnya para ulama dan pengurus NU untuk mengamalkan doa-doa yang diajarkan para kiai NU, termasuk doa untuk keamanan dan kemaslahatan Indonesia serta doa untuk saudara-saudara di Palestina.

“Juga secara khusus diajarkan oleh Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar yang pertama adalah untuk mendoakan Indonesia agar tetap terpelihara kemaslahatan, kesentosaannya dan juga mendapatkan pertolongan untuk terus maju meningkat kapasitas sebagai negara yang sungguh-sungguh lebih kuat, lebih maju dan lebih kuat dan kemaslahatan secara umum,” kata dia.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Dalam konteks Palestina, Gus Yahya menyatakan, selama lima bulan terakhir, PBNU telah berupaya dengan segala cara untuk membantu mencari solusi bagi saudara-saudara di Palestina, khususnya di Gaza dan Tepi Barat. 

Namun, lanjut Gus Yahya, kondisi pelik dan minimnya respons dari pihak internasional membuat PBNU khawatir situasi di Gaza akan berlarut-larut menjadi status quo.

Halaman Selanjutnya
img_title