Belasan Rumah Warga Jombang Rusak Akibat Tanah Gerak, Pemkab Wacanakan Relokasi

Rumah warga yang retak akibat pergerakan tanah
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Belasan rumah warga Dusun Sumberlamong, Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Jawa Timur yang rusak akibat bencana alam tanah gerak pada Kamis 7 Maret 2024 kemarin, mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten setempat.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Karena masih membahayakan keselamatan warga, Pemkab Jombang, berwacana akan melakukan relokasi pada 11 rumah warga yang rusak tersebut.

"Terkait tanah gerak nanti kita evaluasi lagi, jika memang tanah itu berbahaya dan tidak bisa ditempati maka kita lakukan relokasi," kata Pj Bupati Jombang, Sugiat, Jumat 8 Maret 2024.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Meski demikian, Sugiat menjelaskan bahwa bagi sebagian warga meninggalkan tanah kelahiran bukan perkara mudah. Karena banyak hal yang harus diperhatikan.

Untuk itu, kesadaran warga memegang peranan penting bagi kelancaran proses relokasi. Dalam hal ini diperlukan komunikasi yang baik antara pemangku kepentingan pemerintahan dengan warga.

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

"Kita berharap warga paham, jangan sampai karena harta bendanya yang masih di lokasi tanah gerak tidak mau di evakuasi," ujarnya.

Lebih lanjut Sugiat mengklaim bahwa ia sudah berkoordinasi dengan badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) di Jakarta. Hal ini dilakukannya lantaran berkaitan dengan wacana relokasi, dan penyediaan lahan relokasi.

Halaman Selanjutnya
img_title