Wujudkan Pelayanan Prima, Desa Pendem Luncurkan Aplikasi Si Polo Pendem

Launching Si Polo Pendem.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVADesa Pendem launching terobosan luar biasa berbasis digital melalui aplikasi Si Polo Pendem. Harapannya aplikasi tersebut bisa meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Masyarakat tinggal mendownload di playstore atau website milik Desa Pendem agar bisa difungsikan di smart phone masing-masing sistem informasi pelayanan online tersebut. 

Kepala Desa Pendem, Kota Batu Tri Wahyuwono Effendi mengatakan peluncuran Si Polo Pendem merupakan wujud keseriusan desa dalam memberikan pelayanan mudah kepada masyarakat, khususnya surat menyurat seperti keterangan usaha, surat domisil, izin keramaian, dan lainnya.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

"Jadi meski warga yang hendak mengurus keperluan tidak datang ke kantor desa sudah bisa mengurus melalui smartphone. Intinya bisa dibuat di mana saja, agar masyarakat yang masih sibuk dengan aktivitas masih bisa melakukan kepengurusan," katanya, Rabu, 7 Februari 2024.

Pemohon juga bisa mengetahui progres surat yang mereka urus, apakah sudah jadi atau belum. Jika semua persyaratan sudah lengkap masyarakat bisa mencetak sendiri melalui file PDF yang dikirim ke WhatsApp nomor masing-masing atau mengambil ke kantor. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Jadi surat sudah berbentuk PDF sehingga bisa diambil langsung ke kantor desa atau mencetak sendiri. Ada dua barcode tanda tangan kades secara online dan barcode Kota Batu untuk menunjukkan keaslian surat yang tercatat di data base pemdes," katanya.

Selain pelayanan, aplikasi juga berisi ragam informasi, salah satunya ekonomi. Masyarakat bisa mengunggah produksi UMKM untuk ditawarkan di aplikasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title