DPRD Dorong Pemkot Batu Berlakukan E-Parkir di Tempat Publik, Salah Satunya Alun-alun

Parkir Alun-alun Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA Pasar Induk Among Tani mulai menggunakan parkir elektronik, DPRD Kota Batu pun memberikan saran agar Pemkot Batu bisa menerapkan tersebut di tempat-tempat publik.

Ribuan Penonton Padati Nobar Garuda Muda di Pasar Induk Among Tani

Tujuannya yaitu untuk memperbaiki tata kelola parkir yang semrawut serta bisa meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir tepi jalan yang tak pernah mencapai target setiap tahunnya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman menjelaskan terkait mekanisme ini harusnya bisa dilakukan di titik-titik potensial guna mengoptimalisasikan manajemen parkir.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

"Karena sudah saatnya Kota Batu menata parkiran biar tidak semrawut. Apalagi dengan mekanisme parkir elektronik bisa mencegah kebocoran-kebocoran parkir dan berdampak positif pada meningkatkan kontribusi pada APBD Kota Batu," kata Nurochman pada Jumat, 26 Januari 2024.

Ia mencontohkan seperti Alun-alun Batu yang tak pernah sepi, terlebih saat musim liburan. Meski begitu, Pemkot Batu nanti wajib melibatkan masyarakat untuk menjadi bagian profesional dari pengelolaan parkir. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

“Alun-alun itu sangat memungkinkan ada gate (parkir elektronik) sehingga jelas keluar masuknya kendaraan," ujar politisi PKB ini.

Gate Parkir ini dibuat untuk menggerus jukir. Namun Nurochman menganggap tidak berpengaruh besar. Sebab parkir elektronik sebatas upaya pemerintah memperbaiki sistem tata kelola dan kontrol terhadap jumlah kendaraan dan berapa retribusi yang masuk.

Halaman Selanjutnya
img_title