Electrifying Agriculture Upaya Pemkot Batu Tingkatkan Produksi Pertanian

Ilustrasi Pertanian di Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAPemkot Batu terus mendorong agar produksi pertanian bisa meningkat, salah satu upayanya yaitu menggandeng PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur. Keseriusan kedua belah pihak ditunjukkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama PLN dengan Pemkot Batu.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Karena Terdapat ketentuan baru sebagai tindak lanjut atas peraturan pemerintah dalam beberapa ruang lingkup terkait Electrifying Lifestyle, Electrifying Agriculture, Pemasangan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Jaringan Listrik.

Yang mana energi listrik mengalir itu merupakan satu kesatuan saling terhubung di pulau Jawa kemampuan pasok mencukupi untuk kebutuhan-kebutuhan baik untuk sektor pariwisata maupun bisnis. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menjelaskan, adanya kerja sama dengan PLN berharap ada peningkatan kualitas dan kuantitas produktivitas pertanian, perkebunan dan peternakan. Terlebih dengan mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan.

"Adanya kerja sama ini mampu mempercepat pemenuhan pelayanan publik, khususnya sektor pertanian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi Kota Batu merupakan daerah pertanian," kata Aries, Kamis, 25 Januari 2024.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Kepala Dindik Jatim ini menilai, listrik di sektor pertanian sangat penting. Di mana listrik bisa memfasilitasi dan menekan biaya tingginya biaya produksi pertanian menggunakan pompa berbasis diesel serta sulitnya untuk mendapat akses pembelian bahan bakar diesel. 

"Adanya program Electrifying Agriculture dari PLN dapat memberikan kemudahan serta efisiensi bagi petani sayur, bunga hias dan peternak. Sehingga dapat meningkatkan hasil panen," ujar Aries. 

Halaman Selanjutnya
img_title