Kini Kota Batu Miliki Tempat Arsip yang Aman dan Megah

Peresmian perluasan depo arsip Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Bangunan perluasan depo arsip yang menghabiskan anggaran Rp 3,5 miliar diresmikan oleh Pemkot Batu di Jalan Terusan Wilis, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Selasa, 16 Januari 2024.

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Bangunan seluas 780 meter persegi dengan dua lantai diresmikan langsung oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Shanti Restuningsasi mengatakan, perluasan ini dilakukan Pemkot Batu lantaran sebelumnya depo arsip yang didirikan pada 2017 dengan luas 400 meter persegi tak cukup untuk menampung arsip milik Pemkot Batu. 

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

"Bangunan gedung tersebut untuk ruang penyimpanan arsip inaktif dan statis baik media konvensional maupun baru. Selain itu, digunakan sebagai ruang pengolahan dan layanan arsip," katanya.

Waktu itu kapasitas penyimpanan yang dikelola oleh dinasnya hanya mampu menampung arsip inaktif 40 persen dari OPD yang ada. Kemudian penyimpanan arsip statis kapasitas ruang penyimpanannya masih 50 persen dari OPD yang ada di Pemkot Batu serta beberapa dari swasta dan perseorangan.

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

"Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan perlindungan dan penyelamatan arsip maka diinisiasi perluasan gedung dengan kapasitas yang memadai," ujar Shanti. 

Elemen pemerintahan baik OPD, BUMD, Ormas, Organisasi Politik, Swasta dan Perseorangan di lingkungan Pemkot Batu, dan dalam upaya membangun kesadaran pengelolaan arsip serta komitmen yang tinggi, maka dipandang perlu dalam perluasan gedung ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title