Ke Kota Batu Tidak Dapat Karcis, Pengendara Tak Perlu Bayar Parkir, Jukir Nakal Bisa Dilaporkan

Titik parkir di Kota Batu yang sudah terpasang plang imbauan
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA Pemkot Batu mulai pasang plang bertulis 'Ojo Lali Lur! Njaluk Karcis Parkir' di beberapa titik keramian. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir tepi jalan dan memberantas juru parkir (Jukir) liar atau nakal.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Diketahui, pendapatan retribusi dari parkir ini pada 2022 lalu hanya bisa menuntaskan realisasi Rp1 miliar saja dari target Rp10 miliar. Sementara pada 2023, Dishub Kota Batu baru merealisasikan Rp850 juta dari target Rp9,4 miliar.

Hal itu dilakukan karena selama ini retribusi parkir tepi jalan tak pernah mencapai target tahunan, diduga adanya kebocoran akibat jukir nakal yang tak memberi karcis. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

Dalam plang juga ada tulisan bila jukir tidak memberi karcis pengendara bisa melaporkan lewat medsos Dishub atau Pemkot Batu serta hotline 085150630523.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Agoes Machmoedi menjelaskan aturan parkir dengan karcis harus ditegakkan. Aturan ini agar wisatawan merasa nyaman.

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

"Dengan begitu bisa mendukung perolehan Selain pendapatan daerah sehingga bisa meningkat tanpa ada kebocoran. Jadi tolong bagi masyarakat jika ada juru parkir yang tidak memberikan karcis parkir, jangan dibayar. Kalau jukir marah, jangan takut, lapor ke kami," katanya, Jumat 29 Desember 2023.

Cara pelaporan, masyarakat atau pengendara dapat memfoto dan video jukir bermasalah tersebut, paling tidak bisa mencatat nomor induk di rompi jukir. Pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perparkiran di Kota Batu.

Halaman Selanjutnya
img_title