Tunaikan Nadzar, Wapres Ma'ruf Amin Ziarah ke Makam Syarifah Khadijah di Bangil

Wapres Ma’ruf Amin berziarah ke makam Syarifah Khadijah di Bangil
Sumber :
  • Mochamad Rois/Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menunaikan nadzarnya untuk berziarah ke makam Syarifah Khadijah atau Mbah Ratu Ayu di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, pada Jumat, 22 Desember 2023.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Habib Abu Bakar Assegaf, warga Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, yang menemani Wapres Ma'ruf Amin berziarah ke makam Syarifah Khadijah ini membenarkan terkait nadzar tersebut.

Yik Bakar -sapaan akrab Habib Abu Bakar Assegaf- mengungkapkan bahwa nadzar Wapres Ma’ruf Amin tersebut disampaikan saat mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 dan berziarah ke makam Syarifah Khadijah.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

"Jadi, pada waktu Pilpres 2019, Abah Kiai Ma'ruf saya ajak berziarah ke sini. Waktu itu, bib saya kalau jadi, di akhir masa jabatan saya, saya akan datang kembali ke makam Syarifah Khadijah. Karena saya anggap Syarifah Khadijah ini aulia yang luar biasa," ucapnya saat ditemui di komplek makam Syarifah Khadijah.

Kepada sejumlah wartawan, Yik Bakar membeberkan jika Syarifah Khadijah adalah putri dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Jika diurut dari silsilah nasab, kata dia, Syarifah Khadijah adalah nenek buyut KH Ma'ruf Amin.

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

"Syarifah Khadijah ini nasabnya sampai ke KH Ma'ruf. Jadi nasab Kiai Ma'ruf langsung ke Syarif Hidayatullah Cirebon, langsung ke sini. Dia bilang itu mbah buyut saya. Usai berziarah Kiai Ma'ruf mengucapkan syukur alhamdulillah, karena sudah menyampaikan nadzarnya," kata dia.

Usai berziarah ke makam Syarifah Khadijah di Kecamatan Bangil, Wapres Ma'ruf Amin kemudian bergeser ke rest area Tol Pandaan-Malang KM 66/A untuk melakukan peresmian.

Halaman Selanjutnya
img_title