Dishub Tegaskan Jalan Brosem Kota Batu Dilebarkan Bukan Untuk Tempat Parkir

Jalan Brosem baru dilebarkan kini jadi tempat parkir baru.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Setelah dilebarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Jalan Bromo-Semeru (Brosem) malah menjadi lahan parkir baru. 

Tukang Parkir di Jombang Naik Haji Tahun Ini Karena Rajin Menabung

Padahal pembangunan tersebut bertujuan untuk memecah kepadatan lalu lintas yang menuju Alun-alun Batu. Sering kali di lokasi ada beberapa kendaraan roda empat hingga bus wisatawan yang terparkir, tepatnya di depan Kantor Kelurahan Sisir.

Menanggapi itu, Kabid Parkir Dishub Kota Batu, Chilman Suaidi membenarkan hal tersebut. Untuk mencegah itu dishub pun sudah memasang larangan parkir dan barier agar bahu jalan tidak dipergunakan untuk parkir.

Nama Moreno Soeprapto dan Rimzah Muncul Dalam Calon Wali Kota Malang dari Gerindra

"Bahkan kemarin petugas juga sudah menegur langsung jukir (juru parkir) di sana, karena pelebaran jalan dimaksudkan untuk mempermudah aksebilitas menuju Alun-alun Batu dan bukan sebagai tempat parkir," kata Chilman, Kamis, 21 Desember 2023.

Chilman menyebut bahkan ada beberapa tokoh masyarakat yang meminta agar Dishub memberdayakan pemuda setempat dengan menjadikan kawasan Jalan Brosem untuk lahan perparkiran.

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

"Tapi permintaan itu tidak kami realisasikan karena tidak sesuai dengan tujuan pelebaran Jalan Brosem dalam Forum Lalu Lintas 2023. Nah sering kali yang parkir di sana merupakan kendaraan luar kota atau milik wisatawan," tuturnya.

Hal itu terjadi karena kunjungan wisatawan ke Kota Batu hampir 20 hingga 30 persennya berkunjung ke Alun-alun Batu. Tentu keadaan tersebut membuat titik-titik parkir di sekitar Alun-alun penuh. 

Halaman Selanjutnya
img_title