Cegah Korupsi KPK Gelar Bimtek di Kota Batu Libatkan Pasangan Anggota DPRD

Bimtek KPK RI wujudkan keluarga berintegritas
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Membangun keluarga yang berintegritas sangat penting dilakukan. Khususnya dalam pemberantasan korupsi. Pendidikan tentang integritas diawali dari peran penting orang tua sebagai teladan bagi anak. Keteladanan orang tua akan membekas di hati anak. 

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

Bila bulan Juli lalu Pemkot Batu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas, untuk Kepala OPD di lingkungan Pemkot Batu. Kini Pemkot Batu melalui Bagian Inspektorat kembali menggelar bimtek serupa. Diikuti oleh 30 pimpinan dan anggota DPRD Kota Batu dan pasangannya. 

Analis Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi KPK RI, Firlana Ismayadin mengatakan tujuan bimtek untuk menjangkau para pejabat di Indonesia. Kota Batu menjadi daerah pertama, yang melakukan bimtek tersebut dengan menghadirkan Anggota dan Ketua DPRD. Menurutnya hal ini merupakan salah satu inisiatif yang baik. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

"Eksekutif sudah disentuh di Bulan Juli. Lalu di Bulan Desember bertepatan dengan hari anti korupsi dunia, giliran legislator dan pasangannya yang disentuh. Terdapat tiga hal yang menjadi dasar digelarnya bimtek itu. Pertama dari sisi filosofis seluruh manusia hidup berpasangan. Untuk akhirnya bisa melahirkan generasi berikutnya," katanya di Hotel El Kartika, Kamis 14 Desember 2023.

Tentunya dengan harapan dapat memunculkan karakter dan nilai integritas yang baik. Kedua dari sisi sosiologis, Firlana menyampaikan, hasil survei BPS beberapa waktu lalu, sub dimensi integritas keluarga mendapatkan nilai yang belum cukup menggembirakan.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Dimana ada beberapa keluarga yang masih membuka ruang praktik koruptif. Terakhir dari sisi yuridis, dalam pengungkapan kasus di KPK sampai saat ini masih ada beberapa kasus yang melibatkan anggota keluarga. Baik antara suami istri, anak bapak atau anggota keluarga lainnya. Karna itu, dalam bimtek ini turut melibatkan psikolog keluarga, motivator dan pelaksanaannya bukan hanya ceramah saja," ujarnya. 

Hingga tahun ini, terdapat 1.648 pelaku tindak pidana korupsi yang ditangani KPK. Dari jumlah tersebut 141 diantaranya adalah seorang perempuan. Ini menunjukkan KPK sangat perlu menaruh perhatian khusus dalam keluarga. 

Halaman Selanjutnya
img_title