Minimalisir Macet saat Nataru Pemkot Batu Siagakan 30 Kamera ETLE dan 7 Pos Pantau

Kemacetan saat Nataru 2022.
Sumber :
  • Istimewa

Batu, VIVA – 30 kamera ETLE dan 7 pos pantau disiagakan oleh Pemkot Batu jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024. Kesiapan ini juga sudah disepakati di Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ).

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Kamera dan pos tersebut bakal bertempat di titik-titik macet. Tujuannya yaitu untuk mengatasi kemacetan agar wisatawan merasa nyaman. Karena diprediksi volume kendaraan akan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. 

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan jika persoalan kemacetan menjadi fokus semua pihak. Ia berharap sebelum momen Nataru datang, sudah ada lahir pemetaan dan simulasi yang matang.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Itu dilakukan karena sangat penting dan memerlukan kecermatan yang tepat karena Kota Batu selalu menjadi jujukan wisatawan khususnya di Jatim," katanya, Rabu, 6 Desember 2023.

Nanti Dinas Perhubungan sebagai leading sektor tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan bantuan dan kerjasama dari semua sektor yang terlibat dalam permasalahan lalu lintas.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Semua harus terlibat, dari penyelenggara acara pun harus jujur ada acara apa. Nanti dari informasi ini bisa digunakan untuk mengambil keputusan terkait penyelesaian persoalan yang dimungkinkan muncul," tuturnya.

Selain itu sejumlah kesiapan di jalur alternatif ke Kota Batu mulai disiapkan. Jalur alternatif via Giripurno-Karangploso menjadi fokus perhatian utama untuk memecah kemacetan.

Halaman Selanjutnya
img_title