Demi Kenyamanan Wisatawan Pj Wali Kota Batu Perintahkan Jajaran Tertibkan Pengamen

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Tak ingin kenyamanan wisatawan terganggu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai memastikan segera memerintahkan jajarannya untuk melakukan penertiban jika memang benar banyak pengamen jalanan yang sering masuk bus wisata maupun parkir bus di pusat oleh-oleh secara paksa.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

"Akan kami tertibkan kalau itu bener ada, karena tugas kita untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan maupun pelaku wisata," katanya, Jumat 10 November 2023. 

Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini segera memerintahkan petugas gabungan dari Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Batu untuk berpatroli secara berkala di beberapa obyek wisata maupun pusat oleh-oleh. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

"Selain dua tempat itu, kami juga menugaskan petugas beroperasi di tempat-tempat pemberhentian bus agar tidak menganggu kenyamanan wisatawan," ujarnya.

Sebelumnya, wisatawan yang datang ke Kota Batu mengaku terusik dengan keberadaan pengamen jalanan. Bahkan para pengamen sering kali nekat naik ke bus yang mereka tumpangi.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Batu, Asep Abiyanto membenarkan hal tersebut. Menurutnya kejadian itu sering kali terjadi, terlebih banyak dari mereka yang berbau alkohol.

"Harapan kami permasalahan ini segera bisa ditindaklanjuti agar tidak mencoreng dunia pariwisata Kota Batu. Kendatipun tidak ada aturan tertulis larangan ngamen di Bus Pariwisata, namun keamanan dan kenyamanan tamu wisata perlu jadi prioritas utama," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title