Pemkot Batu Klaim Angka Kemiskinan di Kota Batu Terendah se-Jatim

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.
Sumber :
  • Diskominfo Kota Batu

Batu, VIVAKota Batu berhasil jadi daerah dengan angka kemiskinan terendah di Jawa Timur. Dari 3,79 persen turun menjadi 3,31 persen atau 0,48 persen.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Hal itu membuktikan adanya kolaborasi yang efektif dari berbagai stakeholder. Selain kemiskinan Pemkot Batu juga tengah mengupayakan untuk menekan angka pengangguran yang terus menurun dalam beberapa waktu ini.

"Tentu kondisi ini menggambarkan bahwa pemulihan kinerja ekonomi di Kota Batu berjalan maksimal. Sehingga berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat," katanya, Kamis 9 November 2023.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Naiknya kesejahteraan masyarakat menggambarkan menguatnya kondisi ekonomi sebuah daerah dari semua sektor. Untuk Kota Batu beberapa sektor yang terbukti semakin menguat antara lain pertanian, pariwisata, UMKM, dan inflasi yang semakin terkendali.

"Seperti obyek-obyek pariwisata yang selama ini menjadi unggulan daya tarik wisatawan dan hotel-hotel yang ada di Kota Batu, telah mengalami peningkatan okupansi. Sehingga banyak menyerap tenaga kerja yang ada di Kota Batu. Hal tersebut, dapat dilihat dari meningkatnya presentase penduduk yang bekerja di sektor wisata," katanya.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Kala itu, peningkatan angka pengangguran di tahun 2022 disebabkan karena terjadi shifting atau perpindahan tenaga kerja. Dari lapangan usaha pertanian ke lapangan usaha pendukung sektor pariwisata. 

"Contohnya seperti ini, mereka yang dulu sebelum pandemi bekerja di sektor pariwisata. Kemudian saat terjadi pandemi mereka berhenti bekerja, lalu berpindah ke sektor pertanian," katanya

Halaman Selanjutnya
img_title