Bantu Kekeringan di Jombang, Mensos Risma Bakal Bangun Sumur Bor

Mensos Tri Rismaharini saat mengunjungi Dusun Tondowesi,
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Kementerian sosial (Kemensos) Republik Indonesia, membangun sumur bor untuk mengatasi kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Viral Dugaan Pemerasan di Lawang, Polres Malang Lakukan Penyelidikan

Rencana pembangunan sumur bor untuk mengatasi kebutuhan air bersih warga itu muncul usai Mensos Tri Rismaharini berkunjung secara langsung ke daerah terdampak kekeringan, pada Minggu, 29 Oktober 2023.

"Saya pertama mendapatkan berita ini (kekeringan) dari media, terus saya minta cek mbak Estu, ternyata itu (terdampak kekeringan) benar," kata Risma, saat berada di Dusun Tondowesi.

Wanita Muda Asal Jakarta Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Setelah ada di lokasi Risma, mengecek keberadaan sumber air di Dusun Tondowesi, Desa Klitih. Dari pengecekan itu, ternyata sumber air tersebut sangatlah buruk kualitasnya.

"Karena sumber yang tadi itu ternyata kita cek kualitasnya, jelek. Dan itu bahaya sekali," ujar Risma. 

Aksi Pencuri 'Obok-Obok' Sekolah SMA di Jombang Terekam CCTV

Risma menyebut, adanya kandungan kapur dan garam pada sumber tersebut, membuat air yang dihasilkan nanti akan mempengaruhi kesehatan penduduk setempat.

"Karena kalau mengandung kapur, pasti ginjal yang kena. Tadi ada juga komponen yang cukup berat tadi, garam, ada kapur, oleh karena itu kita akan alihkan ke sumber yang lain," tutur Risma.

Halaman Selanjutnya
img_title