Turunkan Angka Kebutaan Akibat Katarak, Ishk Tolaram Dirikan Klinik Mata Gratis

Peletakan batu pertama klinik mata Ishk Tolaram
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Hasil riset nasional yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dengan Internasional Association for Prevention Blind pada tahun 2017-2018 menunjukkan jika warga Jawa Timur khususnya yang berusia 50 tahun ke atas yang menderita katarak mencapai 4,4 persen. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Hal tersebut tentu cukup mengkhawatirkan sehingga mendorong Yayasan Ishk Tolaram dibawah naungan PT Ishk Medica Indonesia mendirikan klinik mata khusus katarak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu

Rencananya pembangunan di atas lahan seluas 3.200 meter persegi yang ditarget rampung dan beroperasi pada 2025 nanti bakal memiliki 4 lantai untuk memberikan pelayanan mata berkualitas kepada masyarakat.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Presiden Direktur Ishk Medica, Rahmat Hidayat Setiawan mengatakan jika klinik mata ini merupakan yang pertama di Indonesia yang kami buat dan sifatnya gratis. Fokusnya yaitu operasi katarak bagi mereka yang membutuhkan. 

"Selain itu juga ada pemeriksaan-pemeriksaan untuk kesehatan mata yang lain seperti gangguan refraksi dan lainnya. Kita berkomitmen memberikan layanan-layanan terutama di kesehatan mata," katanya usai peletakan batu pertama, Selasa, 24 Oktober 2023.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Jika sudah beroperasi pihaknya ingin penderita katarak tidak kebingungan dan khawatir masalah biaya. Pasalnya tujuan klinik mata dibangun yaitu untuk menurunkan penderita katarak di Indonesia.

"Dengan begitu stigma banyaknya orang takut biaya dan lain bisa terselesaikan. Sehingga bisa mencegah orang buta akibat katarak. Terlebih operasi katarak hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Barang tentu ini merupakan angin segar bagi penderita katarak," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title