TPA Tlekung Terbakar, Diperkirakan 1.000 Meter Persegi Lahan Hangus

Kebakaran TPA Tlekung
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAKebakaran terjadi di TPA Tlekung, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Api mulai membakar TPA tersebut sejak Jumat, 20 Oktober 2023.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Sampai saat ini api masih nampak membara, pihak pemadam kebakaran dan BPBD Kota Batu. Perkiraan lahan yang terbakar mencapai 1.000 meter persegi.

Kepala Dinas Damkar Kota Batu, Supriyanto mengatakan jika kondisi kebakaran TPA Tlekung saat ini masih ada beberapa titik hot spot atau bara api yang berada ditumpukan sampah yang lumayan banyak.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Upaya yang dilakukan petugas Damkar dan BPBD Kota Batu dalam memadamkan api di TPA Tlekung ini sejak kemarin dengan melakukan lokalisir dimana perambatan api, agar tidak meluas. Jadi karena hot spot meluas hingga 1000 meter persegi, maka tidak mungkin bisa dipadamkan dalam beberapa hari ini," kata Supriyanto, Sabtu 21 Oktober 2023.

Untuk penyebab pasti kebakaran, petugas belum bisa memastikan. Bisa karena kelalaian atau api alami yang timbul dari hasil proses pembusukan bakteri yang menimbulkan kalor atau panas suhu 80-90 kemudian bertemu gas metan ditunjang cuaca panas. 

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

"Itu juga bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran TPA Tlekung. Namun terpenting bagaimana sekarang memadamkan api atau mencegah api meluas," tuturnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan selain memadamkan api pihaknya juga melakukan upaya penanganan kesehatan di wilayah sekitar lokasi.

Halaman Selanjutnya
img_title