Demi Herd Immunity Kota Malang Gencar Imunisasi Rotavirus dan Imunisasi Dasar Lengkap

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang, VIVAPemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menjalankan program imunisasi lengkap sekaligus mencanangkan imunisasi antigen baru Rotavirus gratis. Tujuannya, untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). 

Nama Moreno Soeprapto dan Rimzah Muncul Dalam Calon Wali Kota Malang dari Gerindra

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyebut, upaya yang paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya adalah dengan imunisasi. Dia mengatakan, dalam imunisasi terdapat konsep herd immunity atau kekebalan kelompok bisa dicapai asalkan cakupan imunisasi pada sasaran tinggi, dan merata di seluruh wilayah.

"Oleh karena itu untuk mengantisipasi penurunan cakupan imunisasi yang dapat mengakibatkan peningkatan kasus PD3I, maka perlu dilakukan upaya segera untuk menutup immunity gap," kata Wahyu dalam Advokasi dan Sosialisasi Program Imunisasi yang digelar Dinkes Kota Malang pada Jumat, 20 Oktober 2023. 

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

Data saat ini, capaian imunisasi dasar lengkap (IDL) di seluruh Puskesmas Kota Malang pada tahun 2022 sebesar 94,1 persen. Angka capaian ini meningkat dibanding tahun 2021 yang sebesar 93 persen. 

"Sehingga penguatan kolaborasi seluruh elemen dalam rangka menyukseskan imunisasi untuk anak sehat Kota Malang Hebat terus dilakukan,” ujar Wahyu. 

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

Wahyu juga menyampaikan beberapa arahan dan instruksi untuk mendorong capaian imunisasi. Pertama, menguatkan strategi Puskesmas dalam pelaksanaan IDL jika perlu dengan layanan jemput bola. Kedua, mengubah persepsi masyarakat terkait IDL kepada anak dengan sosialiasai berkelanjutan. 

"Ketiga, memungkinkan layanan pada kader dan tim kesehatan lainnya untuk selalu memantau status imunisasi tiap anak di wilayahnya masing-masing,” tutur Wahyu. 

Halaman Selanjutnya
img_title