Pengunjung Diduga Jadi Pemicu Kebakaran, Penyebab Gunung Bromo Ditutup Total

Kebakaran di Padang Savana, Gunung Bromo.
Sumber :
  • Dok Balai Besar TNBTS

Malang, VIVA – Wisata Gunung Bromo resmi ditutup secara total sejak Rabu, 6 September 2023 kemarin. Penutupan ini dampak dari ulah wisatawan yang menyebabkan Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Savana Kaldera Tengger Kawasan Wisata Bromo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terbakar.

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Kawasan Padang Savana Bromo diduga terbakar karena flare atau suar yang dinyalakan oleh wisatawan yang sedang melakukan foto pre wedding di kawasan Taman Nasional.

Balai Besar TNBTS selaku otoritas pariwisata di kawasan ini akhirnya memutuskan Gunung Bromo ditutup sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan bahwa pengumuman yang mereka lakukan selama ini dianggap tidak efektif untuk mengimbau wisatawan. Sebab, meski berulang kali diimbau agar wisatawan tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan kebakaran. Namun tetap saja dilanggar oleh wisatawan. 

"Betul (dugaan karena flare). Pengumuman yang harus dilakukan oleh kami, hasil evaluasi ketika imbauan kami melalui medsos, sipers (siaran pers) dan media lainnya, yang diabaikan. Sehingga saat ini TNBTS lebih fokus pada pengendalian, pemantauan kawasan. segala aktivitas kunjungan kami tutup. Mohon maaf atas ketidaknyaman," kata Septi, Kamis, 7 September 2023. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Saat ini wisatawan yang diduga menjadi penyebab kebakaran sudah ditangkap oleh Polsek Sukapura, Probolinggo. Dugaan sementara penyebab terbakarnya Padang Savana disebabkan oleh flare milik wisatawan tersebut. 

Pihak Balai Besar TNBTS menyerahkan sepenuhnya proses hukum ini kepada polisi. Termasuk menyerahkan kepada polisi untuk melakukan penyelidikan penyebab kebakaran di Padang Savana Gunung Bromo. 

Halaman Selanjutnya
img_title