Dianggap Jadi Biang Kerok Bentrokan, Puluhan Tugu Persilatan di Jombang Dibongkar

Pembongkaran Tugu Persilatan di Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Dianggap sebagai biang kerok terjadinya kerusuhan antar perguruan silat. Puluhan Tugu persilatan yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mulai dirobohkan.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Dari 68 tugu persilatan yang berdiri diatas lahan milik pemerintah. 10 tugu persilatan dirobohkan pada Selasa, 5 September 2023.

Wakapolres Jombang, Kompol Hari Kurniawan mengaku, penertiban tugu persilatan ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah daerah melalui Kisbangpol, Polisi dan anggota seluruh perguruan silat di Jombang. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Dimana dalam kesepakatan itu, terdapat salah satu poin penting yakni kebijakan pembongkaran tugu persilatan, oleh masing-masing perguruan silat dan dibantu dengan aparat kepolisian.

"Hasil kesepakatan Forkompinda melaksanakan penertiban dan pembongkaran tugu-tugu pencak silat yang berdiri diatas tanah milik pemerintah," kata Hari.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Dengan dibongkarnya tugu persilatan ini, Polres Jombang berharap terciptanya situasi kondusif keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Santri.

"Untuk mengantisipasi ya. Karena dengan adanya tugu ini, dapat memantik perseteruan antara perguruan pencak silat. Yang dimana akan menimbulkan potensi kerawanan, dan gangguan Kamtibmas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title