Desa di Kota Batu Siap Kolaborasi Selesaikan Masalah Sampah

Penangganan sampah di TPA Tlekung.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVASampah merupakan tanggungjawab semua pihak, desa di Kota Batu siap mendukung dan membantu Pemkot Batu menyelesaikan permasalahan sampah agar cepat tertangani. 

Datangi 2 Tempat Ekraf, Pj Wali Kota Batu Optimistis Potensi Pariwisata Terus Berkembang

Ketua Asosiasi Petinggi Desa dan Lurah (APEL) Kota Batu, Wiweko mengatakan setelah ramainya permasalahan sampah di TPA Tlekung akibat ditutup oleh warga setempat yang menyuarakan keluhannya, pihak desa maupun kelurahan langsung menggelar rapat. 

"Hasil dari rapat kami sepakat menghidupkan TPS3R yang ada di masing-masing desa. Karena sampah merupakan tanggungjawab kita bersama," kata Wiweko, Senin, 7 Agustus 2023. 

Kepala Korban Belum Ditemukan, Polisi Masih Sterilisasi Sumber Ledakan Bom Ikan Bondet di Pasuruan

Akan tetapi ada kendala yang dirasakan yaitu kekurangan sarana prasarana seperti alat pres, pencacah, dan alat pembakaran. Sejauh ini dari 24 desa/kelurahan masih ada 15 saja yang dibangunkan oleh TPS3R. 

"Nah dari 15 itu yang TPS3R-nya aktif hanya 5 desa, penyebabnya yaitu sarpras kurang. Makanya kami berharap Pemkot Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa menyediakannya," tuturnya.

Pendaftaran Ditutup, Ada 4 Bacabup yang Resmi Daftar di PDIP dan Demokrat Jombang

Padahal sejak dulu, desa sering kali mengajukan sarpras, namun sampai sekarang tidak kunjung terealisasi. 

"Sehingga kami bisa maksimal mengelola, desa siap mengkolaborasikan anggaran dari ADD untuk memfasilitasi petugas sampah dan melakukan pembangunan akses jalan atau lainnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title