Keluhan Puluhan Tahun Tak Direspon, Warga Tutup Jalan Menuju TPA Tlekung

Penutupan akses jalan menuju TPA Tlekung.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ditutup oleh warga menggunakan lonjoran bambu, Jumat 28 Juli 2023. 

Resep Widodo C Putro Mampu Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Penutupan dilakukan karena warga kesal janji Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu untuk meminimalisir bau dan pengelolaan sampah yang bisa menguntungkan warga setempat tak kunjung terealisasi.

Bahkan warga akan melakukan penjagaan dan melarang armada pengangkut sampah milik Pemkot Batu bila sewaktu-waktu lewat membawa muatan sampah.

Lolos Dari Ancaman Turun Kasta Manajemen Arema FC Puji Kerja Keras Pemain

Kepala Desa Tlekung, Mardi membenarkan adanya penutupan. Penyebabnya yaitu warga sudah sangat kesal lantaran protes bau yang dilayangkan sejak puluhan tahun tidak ada respon sama sekali.

"Akhirnya warga kesal sehingga memaksa untuk menutup akses jalan menuju TPA. Bahkan sebelum melakukan penutupan warga juga mendatangi TPA untuk melihat keadaan di sana," katanya.

Tunjang Sport Tourism, Pemkot Batu Pastikan Pembangunan Track BMX pada Awal 2025

Dari pantauan warga, sampah yang masuk ke TPA tidak dikelola, hanya ditumpuk sehingga bau yang ditimbulkan cukup menyengat.

"Penutupan akan terus dilakukan sampai tuntutan warga terpenuhi yaitu penangganan bau dan hasil pengolahan sampah. Bila tidak terealisasi ya akan ditutup terus, soalnya kalau tak ditutup keluhan kami selalu diabaikan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title