Saber Pungli Kota Batu Buru Jukir Nakal Penyebab PAD Menguap

Razia di beberapa titik parkir
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Perolehan retribusi parkir tepi jalan di Kota Batu setiap tahun tak pernah mencapai target. Hal tersebut tentunya tak sesuai dengan ramainya Kota Batu.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang terdiri dari gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kejaksaan Negeri, dan kepolisian menggelar razia di beberapa titik parkir, Rabu, 12 Juli 2023.

Tempat yang didatangi antara lain, Jalan Dewi Sartika, Jalan Diponegoro, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Agus Salim, pasar relokasi Jalan Sultan Agung.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Hasilnya dari 10 titik yang didatangi ada 8 juru parkir yang tidak memberikan karcis kepada para pemilik kendaraan. Diketahui pertengahan Juli retribusi parkir masih terealisasi Rp650 juta dari target Rp9 miliar.

Dugaan kuat penyebab melencengnya target retribusi parkir karena para jukir tidak memberikan karcis. Imbasnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun menguap. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Amburadulnya tata kelola parkir ini menjadi catatan Inspektorat Kota Batu. Sehingga merekomendasikan Dishub Batu untuk bergerak melakukan pengawasan kepada jukir.

Inspektur Pembantu (Irban) III Inspektorat Kota Batu, Iwan Sufriyanto mengatakan jukir yang tidak memberikan karcis sama halnya dengan melakukan praktik parkir liar yang masuk kategori pungli.

Halaman Selanjutnya
img_title